Sukses

Penanganan Batuk Saat Pengobatan TBC

11 Jul 2017, 11:44 WIB
Pria, 29 tahun.

pagi dokter... maaf mengganggu waktu nya. saya mau tanya dok.. saya kan mengidap penyakit TB paru. dan suka batuk walaupun jarang dok. yg saya mau tanya. apakah saya blh minum obat batuk biasa & jg antibiotik yg biasa saya konsumsi.? terima kasih...

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar pengobatan TB melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lamakah Anda menjalani pengobatan TB?


Penderita TB paru yang menjalani pengobatan, umumnya akan mengalami perbaikan gejala dalam 2 bulan pertama mengkonsumsi obat TB. Gejala yang membaik selain dari batuknya adalah dari berat badan yang bertambah dan nafsu makan membaik. Secara fisik, kondisi umum terlihat lebih bugar dan sehat. Pada akhir bulan ke-2 pengobatan TB, umumnya pasien akan dievaluasi kembali dengan melihat pemeriksaan dahak dan rontgen dadanya. Apakah Anda sudah diperiksa kembali sewaktu akhir bulan kedua lalu?


Perlu kami tanyakan lebih lanjut, bagaimana dengan kondisi Anda, apakah nafsu makannya sudah kembali atau berat badannya naik? Apakah batuk yang dialami setelah mulai pengobatan TB ini dipicu oleh hal lain? Apakah ada riwayat alergi atau asma pada Anda? Bagaimana kondisi rumah tinggal Anda? Apakah ada yang sedang batuk selain Anda di rumah Anda? Apakah ada kemungkinan Anda masih terpapar dengan orang lain yang sedang mengalami TB?


Batuk yang masih dirasakan setelah 2 bulan pengobatan ini apakah intensitasnya sebenarnya sudah berkurang tapi masih ada atau sama sekali tidak berkurang? Kalau memang sama sekali tidak berkurang, ada kemungkinan superinfeksi (infeksi TB diperparah oleh infeksi kuman lain) atau karena kuman TB resisten dengan regimen obat TB yang saat ini dikonsumsi. Saran kami, sebaiknya segera kontrol ulang dengan dokter yang merawat dan ungkapkan semua gejala-gejala yang masih ada setelah 3 bulan pengobatan ini. Karena bila memang ada sesuatu, regimen pengobatan TB nya dapat diubah/disesuaikan agar infeksinya benar-benar tuntas.


Infeksi TB hanya bisa disembuhkan dengan obat anti TB. Minuman dan makanan bersifat menunjang pengobatan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan untuk mengkonsumsi obat batuk dan antibiotik tanpa anjuran dokter.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pengobatan TB, Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar