Sukses

Berat Anak Tidak Naik

11 Jul 2017, 12:18 WIB
Pria, 21 tahun.

MEnanggapi jawan dari BERAT BADAN ANAK TIDAK NAIK >>> Untuk aktifitas anak saya tergolong anak yang aktif. Untuk jadwal makanya sudah 3x sehari dengn menu nasi sayur dan lauk (terkadang masih saya berikan bbur bayi jika bepergian). Untuk pembagian jadwal makanya biasanya sarapan pagi sekitar jam 07.00 s/d 08.30 untuk mkan siang sekitar jam 11.30 s/d 14.00 untuk yang sore hari sekitar jam 16.00 (soalnya saya titipkan sama simbahnya) . Kalu camilan dia juga suka ngemil, kue, agar-agar, biscuit ice cream dan sebagainya dia gak susah makanya, Heranya kenapa makanya banyak dan minum susunya kuat BBnya naiknya susah ya ??? Apakah pengaruh dari susunya ?? saat ini saya dapat masukan dari teman untuk memberinya tambahan vitamin hufacylin plus. Itu juga sudah saya berikan 1 minggu ini. Apakah anak saya perlu bawa ke dokter ahli anak ya dok ??? Satu lagi jika saya berikan tambahan vitamin penambah berat badan apakah boleh dok ?? atau jika dokter ada saran tambahan vitamin apa yang baik untuk balita laki2 usia 13 bln ini ??

Terima kasih sudah bertanya mengenai berat badan anak tidak kunjung naik melalui fitur Tanya Dokter di Klikdokter.com

Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Faktor genetik atau keturunan disebutkan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh seseorang, dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan. Gen berperan dalam memberikan instruksi kepada tubuh untuk merespon perubahan dari sekitarnya. Namun faktor tersebut tidak berdiri sendiri dalam mempengaruhi berat badan seseorang, dan dipengaruhi oleh faktor lain seperti asupan gizi (nutrisi), aktivitas fisik, dan sebagainya.

Seharusya pada usia 1 tahun berat Anak secara kasar, akan menjadi 3 kali berat lahir. Bila berat lahir Anak Anda  3 kg harusnya anak Anda saat ini memiliki berat 9-11 kg. Akan tetapi masalah gizi lebih akurat ditentukan bila menggunakan kurva pada buku "pink" atau KMS anak Anda. Apakah Anda rutin memeriksakan pertumbuhan anak dan mencatatnya di buku tersebut?

Pada Anak sejumlah faktor juga mempengaruhi berat badan diantaranya

1. Prematuritas, bayi prematur akan memiliki kebutuhan energi yang lebih besar

2. Berat badan lahir bayi. Bayi dengan berat badan tertentu memiliki kurva berbeda-beda

3. Asupan nutrisi tambahan. Hal ini mencakup ASI, kapan Anda memulai MPASI, bagaimana kualitas dan kuantitas MPASI,konsumsi suplementasi besi

4. Penyakit bawaan lahir atau gangguan kesehatan seperti penyakit

5. Kondisi khusus seperti alergi makanan

Saya menyarankan Anda membawa anak ke dokter spesialis anak untuk evaluasi kemungkinan penyebab berat badan tidak naik, secara lebih komprehensif. Tetap berikan makanan yang baik dan emosional support untuk anak Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berat badan naik, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar