Sukses

Kulit Gatal, Berbintil, dan Kambuhan

11 Jul 2017, 08:59 WIB
Wanita, 18 tahun.

Salam Pak/Bu Dokter Yth, Dok, kulit saya mulai gatal" sejak awal tahun 2017. Pada bulan februari lalu saya sempat ke dokter spesialis dan mereka bilang kalau saya terkena kutu busuk, dgn menghabiskan uang hampir 1jt akhirnya gatal"nya sembuh dan saya juga sudah melakukan semua hal yg disarankan dokter. Tapi, beberapa minggu kemudian kulit saya terasa gatal" yg tdk biasa lagi. Tidak separah sebelumnya dan rasa gatalnya juga berbeda karena sebelumnya saya bisa merasakan dengan jelas gigitan dari para kutu tsb, tapi yg sekarang tidak. Saya mencoba menahannya hingga sekarang karena tdk ingin merepotkan ortu dgn biaya RS, tapi lama kelamaan jadi semakin menyebar. Ciri" dari gatal" yg sekarang terlihat paling jelas dibagian kaki/tangan, saat sdg gatal akan muncul bentol" kecil/besar dgn cairan bening didalamnya. Cairannya sering pecah sehingga iritasinya semakin menyebar dan ada banyak bekas luka dari kulit yg terkelupas, karena saya tdk tahan utk tidak menggaruknya. sedangkan utk bagian tubuh lain hanya akan muncul bentol/tiba" terasa gatal, dan dibagian bokong ada beberapa bentol yg tdk wajar karena bentuknya yg lebih besar seperti bisul tapi tdk bisa dipecahkan dan keras dan hanya ada 1/2 tapi terasa sakit jika digaruk. Kira" ini termasuk penyakit apa? Penyebabnya karena apa ya dok? Dan bagaimana mengatasinya? Saya saat ini sedang mencari alternatif, dan berharap kalau dokter bisa membantu saya. Maaf jika terlalu panjang dan terimakasih sebelumnya, dok.. P.s jika ada obat yg bisa dibeli di apotek, tolong sertakan jenis dan merk obatnya, dok..

Terimakasih telah bertanya seputar penyebab kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi kulit gatal yang kambuhan dan berlangsung dalam waktu lama bisa disebabkan karena kulit cenderung sensitif, kering, atau karena penyakit kulit seperti:

Juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemik seperti penyakit hati (kuning), gagal ginjal, dan kelainan darah.

Pada kasus Anda perlu pemeriksaan secara langsung kelainan kulit yang terjadi seperti apa. Dan perlu menggali lebih dalam apakah kelainan kulit ini disertai keluhan lain. 

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab kulit gatal. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar