Sukses

Benjolan di Selangkangan, Apa Penyebabnya?

11 Jul 2017, 08:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

Permisi Dok, saya mau tanya. Di selangkangan sebelah kanan saya ada benjolan yang besarnya sekitar satu ruas jari kelingking. Awalnya hanya seperti jerawat yang hampir matang dan berwarna merah dengan ujung meruncing (persis jerawat hampir pecah/matang), rasanya sangat nyeri dan linu bila terkena pinggiran celana dalam. Nah setelah seminggu ini, "jerawat" tersebut berubah menjadi benjolan yang lebih besar dari yang awalnya "jerawat" tersebut, yang awalnya sakit dan nyeri jika terkena pinggiran celana dalam. Tapi semakin ke sini, rasa nyerinya menghilang/tidak separah minggu lalu. Yang saya cemaskan, benjolan tersebut masih ada dan bahkan semakin membesar (menurut perkiraan saya) sampai detik ini. Yang jadi pertanyaan saya, termasuk apakah benjolan tersebut Dok? Bahaya atau tidak? Dan apakah ada pengobatan lain selain harus mendatangi rumah sakit/melakukan operasi kecil? Terimakasih (Wanita, 25 th, 49 kg, 165 cm)

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan di selangkangan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar.

Pada kasus Anda, kemungkinan awalnya disebabkan oleh kista yang terinfeksi atau bisul sebab terdapat kemerahan, bengkak, dan nyeri. Namun, benjolan yang saat ini membesar bisa berhubungan maupun tidak berhubungan dengan benjolan sebelumnya.

Bila letak benjolan dekat dengan kemaluan, ada kemungkinan itu merupakan kista kelenjar bartholin. Selengkapnya bisa Anda baca di sini: Benjolan di Kemaluan Wanita (Kista Kelenjar Bartholin).

Untuk itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin sesegera mungkin. Bila hanya infeksi dapat diobati dengan antibiotik. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar benjolan di selangkangan. Semoga bermanfaat. FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar