Sukses

Cara Menaikkan Berat Badan Dan Memperbesar Payudara

11 Jul 2017, 08:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok umur saya 19 tahun,tinggi saya 160 cm dan berat badan saya 44 kg, apakah pada umur segini masih bisa berkembang dok? Misalnya nambah berat badan. Payudara saya jga kecil, apakah bisa nambah gede bila udh umur segini dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai cara memperbesar payudara dan menambah berat badan melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda, memiliki payudara proporsional dan indah adalah idaman setiap wanita. Tidak sedikit wanita yang berkeinginan untuk memperbesar ukuran payudaranya. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar yang akan memproduksi air susu di kala hamil. Rasio antara jaringan lemak dan kelenjar bervariasi di antara masing-masing individu. Jadi proporsi payudara Anda juga disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Payudara seperti yang kami sebutkan di atas terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar, jadi apabila lemak yang tertumpuk di payudara hanya sedikit, wajar saja bila payudara berukuran tidak terlalu besar. Cara paling mudah dan alami untuk memperbesar payudara adalah dengan menambah berat badan agar tumpukan lemak di payudara meningkat, namun peningkatan ukuran payudara pun akan bervariasi.

Dalam dunia kedokteran, hingga saat ini belum ditemukan cara-cara alami ataupun obat-obatan yang terbukti efektif untuk memperbesar ukuran payudara, termasuk pijat payudara. Saat ini, beberapa terapi untuk memperbesar ukuran payudara yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan cara-cara yang invasif seperti dengan melakukan bedah plastik (implantasi payudara dengan memasukkan kantung silicon gel ke dalam payudara), sehingga payudara dapat besar, dengan ukuran disesuaikan dengan keinginan Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik. Hal ini termasuk di dalam bedah plastik bagian estetik yang sebelumnya harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugiannya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

-Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
-Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
-Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
-Memperbanyak minum air putih.

Selain itu, olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Juga, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lengkap sehingga Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh dan memastikan bahwa tidak ada penyakit tertentu yang menyebabkan sulitnya berat badan Anda untuk naik.

Demikian informasi mengenai cara memperbesar payudara dan menambah berat badan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Has******rdin

    hai Dr,saya ibu kepada 3 org anak,umur saya 35 tahun,dan berat saya 44kg.Masalah payudara saya mengecil selapas melahirkan anak yg ke 3.Adakah selepas menyusukan payudara boleh mengecil.Apakah yg patut saya lakukn utk kmbalikan semula menaikkan payudara saya.