Sukses

Testis Mengeras dan Mengecil Setelah Orkitis

11 Jul 2017, 08:34 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, waktu saya umur 13 Tahunan saya terkena penyakit "Orchitis" atau Infeksi pada testis sebelah kiri. Nah,setelah itu saya meminum obat dari dokter selama beberapa minggu. Setelah obat tersebut habis nyeri di testis saya mulai hilang. Tetapi, Lama-kelamaan testis kiri saya itu mengecil dan keras pula. Apa bisa kembali normal? Apa testis itu kehilangan fungsinya dok? Tolong jawabannya.

Terimakasih telah bertanya tentang orkitis melalui fitur Tanya Dokter.

Orkitis adalah peradangan pada testis yang biasanya disebabkan oleh penyakit gondongan (mumps) dan infeksi menular seksual. Pada kasus Anda, karena terjadi di usia 13 tahun, orkitis yang terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit gondongan (parotitis). Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar ludah. Tandanya ialah bengkak di pipi (di bawah sendi rahang) yang nyeri.

Pada anak-anak (di bawah 12 tahun), infeksi gondongan akan pulih tanpa penyulit (komplikasi). Sedangkan bila infeksi terjadi di masa pubertas dan setelahnya (saat dewasa), komplikasi bisa terjadi. Salah satunya seperti yang Anda alami, yaitu orkitis. 

Orkitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis. Setelah sembuh, testis yang terkena mungkin akan menciut. Meski jarang terjadi kerusakan testis yang permanen, sebagian mengalami penurunan bahkan kehilangan fungsi testis (ditandai dengan testis yang mengecil/atrofi) secara permanen dan mempengaruhi kesuburan.

Terkait kondisi Anda, ada kemungkinan testis yang mengecil kehilangan fungsinya. Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter urologi. Bila penyebabnya jelas dan masih bisa diterapi, ada kemungkinan fungsinya dapat ditingkatkan kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar orkitis. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar