Sukses

Sensasi Ngilu di Kedua Kaki dan Tangan

11 Jul 2017, 07:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo Dokter.. Sya sering mengalami rasa ngilu di kedua kaki saya.. Hingga terkadang saya berjalan dgn tidak normal.. Ini sering terjadi baik saat sa berjalan jarak jauh maupun tidak.. Hal itu ju sering terjadi di tangan saya juga jari jari saya.. Bagaimana pendapat dokter mengenai hal ini.. Terima kasih Dok

Terima kasih sudah bertanya mengalami ngilu di kaki dan tangan melalui Fitur Tanya Dokter

Kondisi ngilu di tulang bisa dipengaruhi proses kelelahan, atau kondisi lingkungan yang dingin. Akan tetapi bila kondisi ngilu mengganggu Anda beraktivitas, mengakibatkan kekakuan di pagi hari hingga sulit berjalan, maka beberapa hal perlu dicurigai.

Kondisi Anda, didukung dengan jenis kelamin dan usia ada kemungkinan anda mengalami artritis rematoid atau rematik. Artritis Reumatoid  adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bagian tubuh yang paling sering mengalami peradangan ini adalah tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Meski demikian, penyakit ini bisa saja menyerang area lain seperti paru-paru, pembuluh darah, dan kulit –meski kasusnya sangat jarang.

Artritis reumatoid atau rematik dapat membuat Anda kesulitan menggunakan tangan dan kaki. Akibatnya aktivitas Anda –seperti berjalan, menulis, atau hal-hal lain yang melibatkan tangan dan kaki– terhambat. Pada akhirnya hal ini akan memicu terjadinya penurunan kualitas hidup.

Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dewasa. 

Beberapa gejala dan tanda dari Artritis Reumatoid atau penyakit rematik adalah:

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid dapat menimbulkan masalah di beberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal, rematik biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Beberapa kondisi lain seperti lupus (autoimun), demam reumatik (biasanya ditandai pasca infeksi bakteri saluran napas) juga bisa menjadi penyebab.

Untuk memastikan diagnosis Anda, saya sarankan Anda memeriksakan diri pada Spesialis penyakit dalam. Wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan penunjang akan dilakukan untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda alami. Semoga Anda tetap semangat

Demikian informasi mengenai ngilu di kaki dan tangan. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar