Sukses

Alergi kacang
11 Jul 2017, 04:27 WIB
Pria, 7 tahun.

Alergi makan kacang-kacangan termasuk alergi apa dok.... Trims...

Terima kasih sudah bertanya seputar Alergi Kacang melalui fitur Tanya Dokter

Pengertian alergi pada dasarnya adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Alergi ada beberapa jenis mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya bagi penderitanya.

Hingga sekarang, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi. Namun demikian alergi bisa didapat melalui faktor keturunan. Alergi bisa muncul dan hilang. Seseorang akan terkena alergi ketika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan ketika mendeteksi ada zat asing masuk ke dalam tubuh.

Alergi tidak bisa disembuhkan secara langsung. Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapat jenis pemicu alergi yang ada guna mendapatkan perawatan yang tepat. 

Alergi makanan sering dialami oleh bayi atau anak kecil dibandingkan orang dewasa. Sebagian besar penyebabnya berasal dari protein dari susu sapi, telur, kacang, gandum, dan kacang kedelai. Perlu diketahui bahwa makanan sebetulnya bukan bentuk alergi, melainkan sebagai alergen yang memicu alergi. Reaksi alergi bisa muncul di berbegai organ ditubuh setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Disamping makanan, beberapa benda lainnya seperti tungau debu, obat, zat kimia tertent juga bisa mengundang reaksi alergi.

Berikut adalah reaksi alergi yang perlu Anda ketahui:

 

1. Alergi Saluran Pernafasan

Gejala umum alergi pernafasan adalah mata berair, gatal pada hidung, atap mulut, serta tenggorokan, batuk dan bersin-bersin. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari serbuk sari yang disebar melalui udara, debu, spora jamur, atau ludah binatang.

2. Asma

Ada berbagai macam faktor dan penyebab pemicu asma, seperti virus, paparan dari lingkungan, dan alergi pada spora jamur, bulu binatang, dan kutu debu.

3. Alergi Kulit

Penyebab alergi kulit atau eksim belum diketahui. Tapi kemungkinan disebabkan oleh kombinasi dari beberapa kondisi seperti paparan langsung kulit dengan antigen, faktor keturunan, lemahnya sistem imun, dan gangguan fungsi kulit.

Sebetulnya satu alergen (pemicu alergi) seperti kacang bisa saja memicu alergi di beberapa organ. Alergi kacang bisa menimbulkan keluhan kulit merah, gatal, dll. Pada kondisi lain kacang juga bisa memicu asma pada pasien yang memang mengalami alergi terhadap kacang.

Demikian informasi mengenai alergi kacang. Semoga bermanfaat

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar