Sukses

Lab Leukosit dan Trombosit Naik, Ada Apa?

11 Jul 2017, 04:27 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, Ibu saya berusia 48 dengan berat badan kurang lebih 38.. Suhu tubuh beliau naik turun dengan batuk kurang lebih satu minggu, dari hasil cek darah hemoglobinnya rendah (9,1 g/dL), tapi leukosit (28600 /uL) dan trombositnya (755.000 /uL) tinggi.. Kadang beliau juga mengeluh rasa dingin di dalam dada, badan terasa lemah dan tidak nafsu makan.. Mohon penjelasannya dok, terima kasih..

Terima kasih sudah bertanya mengenai demam pada orang tua pada ibu Anda melalui fitur Tanya Dokter

Kondisi yang di alami ibu Anda mendukung pada adanya infeksi. Infeksi bisa disebabkan oleh berbagai kuman yang dapat menyerang berbagai organ. Proses perlawanan tubuh terhadap infeksi akan mengaktifkan leukosit, dan leukosit akan merekrut sejumlah leukosit lainnya. Hal ini menjelaskan mengapa leukosit ibu Anda 28600 / uL sementara nilai normal leukosit hanya 4000 - 10000/ uL. Bisa juga disertai dengan trombosit atau disebut dengan trombositosis reaktif

Menentukan pengobatan infeksi, maka tentu dipikirkan kemungkinan kuman yang menyebabkan. Oleh karena ini diperlukan wawancara yang mendalam. Pasien dengan infeksi biasanya tidak hanya demam, ada gejala lain yang akan mengarahkan dimana sumber infeksinya. Misalnya gangguan BAB pada pasien infeksi saluran cerna, gangguan BAK pada infeksi saluran kemih. 

Segala proses peradangan dalam melawan infeksi ini akan mengeluarkan zat kimiawi di dalam tubuh yang membuat tubuh menjadi terasa lemas. DIsamping itu kondisi anemia yang di alami turut mendukung rasa lemah yang dirasakan. 

Saya menyarankan Anda untuk membawa ibu Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan demi menegakkan diagnosis. 

Demikian informasi terkait demam pada orang tua. Semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar