Sukses

Napas Terengah-engah Saat Lari

10 Jul 2017, 22:39 WIB
Pria, 27 tahun.

Napas terengah engah walau lari 50 meter

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang napas terengah-engah saat berlari menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya memberikan penjelasan, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan terkait keluhan Anda. Apakah selain sesak terdapat gejala lain yang dialami misal: demam, batuk-batuk, bunyi mengi (ngik-ngik), bunyi napas ngorok, berdahak, kulit atau bibir kebiruan? Apakah hal ini dialami ketika sedang berlari saja? Apakah sesak dirasakan ketika olahraga atau aktivitas fisik dengan intensitas rendah, misalnya jalan atau jogging santai?

Sesak napas bisa disebabkan oleh kelainan saluran napas atas, paru-paru, jantung, darah atau ginjal. Beberapa contoh penyakit penyebab sesak napas adalah asma, pneumonia (infeksi paru-paru), kelainan jantung bawaan, dan sebagainya. Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga dapat melakukan medical check up untuk mengetahui status kondisi kesehatan saat ini.

Sebaiknya keluhan Anda tidak dianggap sepele. Pemeriksaan langsung diperlukan untuk mengetahui apakah masalahnya hanyalah masalah stamina dan akan berangsur-angsur membaik seiring dengan rutinnya aktivitas olahraga atau karena adanya gangguan organ tertentu. Bila memang hanya terjadi pada saat Anda olahraga, mungkin terjadi akibat kapasitas paru yang masih rendah (belum terbiasa olahraga berat), nyeri otot, dll. Untuk memastikannya, perlu dicari juga keluhan-keluhan lain. Oleh karena itu perlu pemeriksaan langsung oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait napas terengah-engah saat berlari. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar