Sukses

Pendarahan Karena KB Implan

10 Jul 2017, 22:39 WIB
Pria, 31 tahun.

Siang dok. Saya mau tanya masalah pemakaian implan .,gini dok minggu kemaren saya menstruasi 2 mnggu darahnya berhenti tapi jarak 4 hari darah saya krluar lagi sampai mau 1 minggu blm ada tanda2 mau berhenti yg saya mau tanyakan apakah ini normal atau karna efek pakai implan tersebut d apa bahayakah? Mohon pencerahanya dok trimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menanyakan tentang efek KB implan melalui fitur Tanya Dokter.

Ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali.

Mengenai kondisi Anda sekarang, perlu diketahui seberapa banyak perdarahan yang Anda alami? Adakah keluhan lain yang dirasakan? Bagaimana produksi ASI Anda? Apakah menjadi lebih sedikit setelah pemasangan KB implant yang kedua?

Butuh pemeriksaan fisik langsung pada Anda dan beberapa pemeriksaan lain, seperti USG untuk menentukan apakah kontrasepsi saat ini dapat dilanjutkan atau tidak. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk konsultasi dengan dokter terdekat.

Demikian yang dapat disampaikan tentang efek KB implan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar