Sukses

Solusi Terkena Polip

10 Jul 2017, 21:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, bagaimana cara memastikan hidung saya kena polip atau tidak. Soalnya saya melihat ke kaca seperti ada merah merah gitu dok. Tapi saya tidak pilek atau apa dan hidung saya tidak berair serta tersumbat. Lalu bagaimana cara mencegah polip

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.
Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Polip artinya pertumbuhan yang menonjol. Polippada rektum dan daerah anus kebanyakan merupakan tumor jinak bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Pada anak-anak juga dapat terjadi polip rektal yang disebut juvenile polip, umumnya terjadi pada usia kurang dari 10 tahun yang didominasi dengan keluhan berak berdarah. Namun pada kondisi tertentu, polip bisa berubah menjadi ganas (kanker).

Pengobatan utama untuk polip adalah dengan tindakan bedah atau operasi yang disebut polipektomi. Namun indikasi penanganan dengan operasi jika memang sering terjadi perdarahan di anus. Menemukan dan mengangkat polip ini dapat menurunkan risiko terjadinya kanker rectum. Pada umumnya kanker rectum menyerang lebih sering pada usia tua.

Kolonoskopi merupakan suatu teknik untuk melihat ke dalam usus menggunakan suatu alat yang dinamakan kolonoskop. Sebelum prosedur Anda dapat dibuat tenang. Alat ini akan dimasukkan ke dalam anus. Biaya kolonoskopi sendiri bervariasi tergantung dari masing-masing fasilitas kesehatan. Anda bisa menanyakan langsung ke fasilitas kesehatan dengan dokter yang menangani anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar