Sukses

Nafas Terasa Sesak dan TIdak Lega

10 Jul 2017, 16:44 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya mau tanya kalo saya susah menarik nafas dalam dalam kenapa ya...kemudian setelah itu dada seperti sesak sperti ingin menarik nafas dalam

Terimakasih telah bertanya tentang nafas tidak lega melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sesak merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab sesak nafas beragam, yaitu:

  • Asma
  • Radang paru (pneumonia)
  • Alergi
  • Sakit jantung
  • Trauma dada
  • Gangguan lambung

Kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Apakah Anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? rasa seperti terbakar pada daerah leher? apakah Anda memiliki riwayat sakit magg? Apakah Anda memiliki kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan?

Salah satu penyebab nafas tidak lega yang cukup sering ialah dispepsia/maag atau GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu suatu keadaan yang muncul oleh karena terjadi peningkatan asam lambung yang terkadang gejala mirip dengan sakit jantung, terutama Anda merasakan nyeri pada dada kiri yang menyebar hingga ke belikat. Coba Anda lakukan beberapa modifikasi dalam hidup Anda seperti jangan dulu mengkonsumsi makanan pedas, hentikan minum soda, makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, dan hentikan dulu kopi dan teh. Coba makan tepat waktu, hindari mengkonsumsi makanan 2 jam sebelum tidur, dan memang pada kondisi GERD lebih nyaman bila tidur dengan bantal tambahan.

Bila setelah melakukan cara ini nafas Anda masih belum lega, segera periksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar