Sukses

Flek-flek Setelah Berhenti KB Suntik 1 Bulan

10 Jul 2017, 16:44 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok,sdh 5bulan kmrin sy suntik kb sebulan sekali dan selama itu pula sama sekali tidak mens,pada bulan ke-6 sy putuskan tidak suntik tp 2 minggu ini sy mengalami flek2 coklat tidak banyak tp tiap hari Dok,apakah itu wajar?

Terimakasih telah bertanya tentang efek samping KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu efek samping suntik KB 1 bulan yang cukup sering ialah gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada kasus Anda, siklusnya menjadi memanjang bahkan tidak haid. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun. Jadi, tunggu saja. Apabila siklusnya tak kunjung normal dan ini mengganggu Anda, Anda dapat mengganti metode KB yang non hormonal.

Setelah Anda berhenti suntik KB, tentunya tubuh melakukan penyesuaian sedemikian rupa agar hormon-hormon kewanitaan kembali normal. Pada masa-masa ini bisa terjadi flek-flek seperti yang Anda alami. Hal ini normal saja.

Jika kondisi ini amat mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar efek samping KB suntik. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar