Sukses

Penyembuhan Luka Terbuka.

10 Jul 2017, 15:49 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok saya mau tanya. Kemaren kan kaki saya kena serpihan keramik, terus berdarah trus saya tutupin sama kapas. Agak beberapa lama saya buka ternyata darahnya ini udh ngering gtu terus lengket deh kapasnya sama darah tadi pertanyaannya dok apa ngak infeksi ya kaki sya? (1) trus cara ngilanginnya gimana ya dok?(2) Tolong di jawab ya dok :)

Terimakasih telah bertanya tentang penyembuhan luka melalui fitur Tanya Dokter.

Kapas yang menempel pada luka yang mengering merupakan hal yang normal. Namun demikian, sisa kapas tersebut perlu dibersihkan agar tidak menimbulkan infeksi. Infeksi pada luka terjadi bila terdapat nanah atau cairan yang keluar terus menerus, berbau busuk, serta menimbulkan nyeri dan kemerahan di kulit sekitar luka.

Saat ini, bersihkan luka dan sisa kapas tadi dengan menggunakan air hangat (matang) atau NaCl 0,9% (cairan infus). Anda bisa mendapatkannya di apotik. Bila berikutnya Anda ingin membersihkannya, jangan gunakan kapas, melainkan kassa steril. 

Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril yang berlubang-lubang selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyembuhan luka. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar