Sukses

Gatal dan Merah di Lipatan Payudara

10 Jul 2017, 15:25 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokk saya mau nanya bolehkan ? Saya baru2 ini mengalami iritasi kulit dibawah payudara. Iritasi karena saya make bra pas lagi keringat. Iritasi nya merah merah dan gatal banget. Kemarin2 saya kasih obat my baby tapi makin lebar sekarang dok. Terkadar mau saya garut karena gag tahan. Tolong lah dok gimana obat biar cepat sembuh. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter untuk bertanya tentang gatal dan merah di lipatan payudara.

Kemungkinan besar Anda mengalami penyakit jamur, dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida.

Payudara merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah selangkangan seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat.

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kondisi kulit yang mudah lembab dan berkeringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

Bersihkan daerah lipatan payudara setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering.
Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat
Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu. Ketokonazole tidak menyebabnya efek samping nyeri. Sebaiknya hindari kebiasaan menggaruk karena akan menyebabkan kulit semakin gatal dan meningkatkan risiko iritasi dan infeksi.

Demikian penjelasan tentang gatal dan merah di lipatan payudara. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar