Sukses

Bentuk Puting Pengaruhi Kemampuan Menyusui?

10 Jul 2017, 15:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mau tanya dokter,knpa d umur sya yg hmpir 25 th ini bntuk puting saya hanya sbesar tahi lalat ya dok,normalkah itu dokter?dan bisakah nanti untuk menyusui ?tolong bantu jawab ya dok,terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Seorang wanita kerap merasa pesimis melihat bentuk dan ukuran puting yang tidak seperti biasanya. Bentuk puting rata atau masuk ke dalam (retracted) atau ukuran yang kecil dipersepsikan sulit untuk menyusui.

Hal ini tidaklah benar, sebab bayi menyusu menggunakan areola, bukan puting. Perlekatan yang benar pada proses menyusui adalah memerah pabrik ASI yang terdapat di sekitar areola. Jadi, jangan khawatir bila puting Anda datar, masuk ke dalam atau berukuran kecil. Yang terpenting adalah teknik saat menyusui sudah benar.

Di samping itu, produksi ASI juga tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara besar atau kecil. Produksi ASI dipengaruhi oleh supply dan demand, oleh stimulasi bayi dan frekuensi menyusui. Prinsipnya, semakin banyak dikeluarkan (semakin sering menyusui), semakin banyak produksinya. Semakin cepat dikeluarkan, semakin cepat produksinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar