Sukses

Kulup Penis Anak Belum Terbuka Sempurna

10 Jul 2017, 15:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok sy mau tax anak sy umur 4 thun stengah tp kulupnya belum terbuka sempurna..gmna solusix

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kulup penis anak laki-laki biasanya mulai dapat ditarik (sudah terbuka) ke arah belakang pada usia 2 tahun. Namun demikian, pada sebagian anak kondisi ini baru tercapai saat anak mencapai usia pubertas dan biasanya saat usia 18 tahun sudah terbuka sempurna. Hal ini pun normal adanya.

Sebagian kecil anak laki-laki, kulupnya tidak pernah terbuka (sulit ditarik ke belakang). Kondisi ini disebut dengan fimosis. Bila ditarik paksa, kulup tidak bisa kembali dan akan menimbulkan rasa sakit dan peradangan yang luar biasa.

Oleh karena itu, bila saat ini sebagian kulup anak Anda belum terbuka, jangan pernah ditarik paksa. Pada saatnya nanti, anak Anda akan menemukan sendiri bahwa kulupnya sudah bisa dibuka. Membuka kulup secara paksa dapat melukai penis yang kemudian memicu infeksi. Di samping itu luka yang membekas akan menimbulkan jaringan parut yang berpotensi membuat kulup ini tidak bisa dibuka secara permanen.

Selama tidak ada gangguan dalam berkemih, biarkan saja. Ajarkan anak Anda untuk selalu membersihkan kelaminnya setelah buang air kecil dan saat mandi.

Bila Anda tetap cemas dengan kondisi ini, berkonsultasilah dengan dokter anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar