Sukses

Telat Haid 1 Hari, Timbul Flek dan Darah Singkat

10 Jul 2017, 13:43 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok...sebelum saya pasang uid kalau mau mens gak pernah nyeri payudara cuma kram perut saja tapi pas saya pasang uid kalau saya mau mens pasti nyeri payudara dulu..nah bulan mei kemarin saya copot uid nya karena suami ingin punya bayi lagi..tp pas mah mens saya tidak merasa nyeri payudara lagi..tp bulan ini selama 1 minggu saya nyeri payudara..terus telat mens 1hari tp hari berikutnya ada flek selama 2 hari dan saya merasa mual dan pusing tp hari esoknya saya mens banyak selama 2 hari..tp langsung berhenti dan ada lagi flek trus ga ada lagi..tp saya masih merasa mual...apakah ada kemungkinan saya hamil???padahal waktu 2hari ada flek itu saya pakai testpack tp hasinya negatif...gimana dok saya binguna sekarang saja saya sakit punggung bagian bawah yg kanan...itu kenapa ya?maaf kepanjangan

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter di Klikdokter.

Halo, kami memahami kekahwatiran Anda.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemih
pembesaran dan nyeri payudara
mual
perasaan lelah
daerah sekitar puting susu menghitam
peningkatan suhu tubuh
flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
dsb
Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang mungkin belum terdeteksi karena kadar hormon kehamilan di dalam tubuh yang masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, atau tes darah untuk kadar hormon beta HCG dalam darah bila haid tidak juga datang. Jika hasil test positif, lanjutkan dengan pemeriksaan USG.

Hormon hCG (Human chorionic gonadotropin) diproduksi oleh sel yang membentuk plasenta, yang bekerja menutrisi sel telur setelah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Level hCG dapat dideteksi dalam darah sekitar 11 hari setelah pembuahan, dan terdapat dalam urin sekitar 12-14 hari setelah pembuahan. Umumnya level hCG akan berlipat ganda setiap 48-72 jam. Kadarnya akan mencapai puncak pada kehamilan minggu ke 8 hingga 11, untuk selanjutnya menurun hingga akhir kehamilan. Namun tidak semua kehamilan yang sehat menunjukkan angka kadar hCG yang tinggi. Pemeriksaan yang lebih akurat dalam memantau kehamilan adalah dengan menggunakan ultrasound (USG).

Keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu:

  • Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Penggunaan kontrasepsi oral
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Infeksi pada alat kelamin
  • Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
  • Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  • Kanker serviks
  • Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  • Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
  • Hiperplasia endometrial
  • Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat yang terjadi pada pasangan Anda juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter kandungan dan kebidanan Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar