Sukses

Sering Flu Saat Udara Dingin

10 Jul 2017, 13:43 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter, akhir-akhir ini saya sering flu hanya karena udara dingin. Hidung saya juga sering berair. Tapi hanya hidung sebelah kiri saja. Selain itu, ketika menarik nafas, udara yang dihirup hidung kiri saya tidak sebanyak hidung kanan saya. Apakah saya alergi? Jika iya, bagaimana cara mengobatinya agar kembali normal?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menanyakan tentang alergi melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Seseorang yang punya riwayat keluarga mengalami alergi memang akan cenderung lebih rentan mengalami alergi juga. Kemungkinan Anda memilii alergi terhadap dingin. Dan sebaiknya menghindari ruangan atau cuaca dingin.

Adanya benda asing yang terpapar pada tubuh menyebabkan sel imunitas tubuh bereaksi terlalu berlebihan sehingga muncullah gejala alergi. Alergi sendiri dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh. Mulai dari gangguan pada kulit –seperti biduran dan eksema, gangguan pada mata seperti mata berair dan gatal, gangguan pada hidung berupa hidung berair, gangguan pada saluran napas seperti asma, dan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare.

Alergi makanan kebanyakan disebabkan oleh susu sapi, telur, dan kacang. Selain itu, makanan yang banyak mengandung protein seperti udang dan ikan juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, alergi dapat disebabkan oleh debu, tungau, udara dingin, obat-obatan tertentu dan lainnya.

Untuk mengidentifikasi penyebab alergi, orang yang mengalaminya harus memperhatikan pada saat kapan alergi tersebut muncul. Bila sulit diidentfikasi, dokter kerap melakukan uji cukil kulit dan pemeriksaan darah. Bila sudah mendapatkan hasil dan mengetahui penyebab alergi, maka yang harus dilakukan adalah menghindari zat/hal yang menyebabkan reaksi alergi.

Obat yang mengandung antihistamin seperti CTM, cetirizine, atau loratadine bisa digunakan untuk mengatasi gejala sudah terlanjur timbul akibat alergi tetapi sebaiknya tak digunakan untuk jangka panjang.

Demikian penjelasan tentang alergi. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar