Sukses

Benjolan Pada Vagina

10 Jul 2017, 11:27 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, waktu itu saya sedang naik pagar, saat itu kira-kira umur saya 11 tahun. Mungkin besi yang saya naiki itu licin, jadi saya terpeleset dan jatuh. Vagina saya terbentur besi pagar cukup keras. Ada bercak darah dibagian dalam vagina, tapi sedikit. Setelah beberapa tahun, menyadari bahwa ada perubahan. Di bagian bibir vagina (tepatnya dibagian belahan) muncul bulatan seukuran biji kacang, berwarna coklat gelap, tidak sakit, dan tidak keras juga(bisa ditekan2). Itu apa ya dok? Apa berbahaya? Itu cukup menganggu, walaupun tidak terasa sakit. Mohon jawabannya dok, thanks.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Halo, kami mengerti kekhawatiran Anda.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • AdenocarcinomaBartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik tentang benjolan tersebut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar