Sukses

Siklus Menstruasi Tidak Teratur Dan Melakukan Petting

10 Jul 2017, 11:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

Keluar flek setelah petting dok saya mau tanya, pada tgl 3&4 juli saya petting dengan pacar saya. kelamin kami saling bergesekan, dia mengeluarkan cairannya di atas vagina dan paha saya. setelah petting vagina saya mengeluarkan flek coklat sedikit tapi tidak sakit dan flek tsb masi kluar sampe skarang tgl 8juli. saya bingung itu darah selaput dara apa darah haid dok? terakhir mens saya tgl 7juni dan slesai tgl 14juni. apakah tanggal 3juli tsb merupakan masa subur saya? oiya dok saya mempunyai siklus haid yg tidak lancar, sy mens pada bulan maret lalu juni, dan juli ini. setiap mens saya slalu sedikit dan berwarna coklat kehitaman dok. apakah petting yg saya lakukan bisa menyebabkan hamil? dan bagaimana menurut dokter tentang siklus haid saya tersebut? mohon jawabannya, dok terimakasih banyak.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sseputar mengenai siklus menstruasi normal. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari. Biasanya setiap menstruasi berlangsung 2-8 hari, dengan jumlah darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Gangguan menstruasi dapat pada jarak siklusnya, durasi menstruasi, dan jumlahnya. Dari data yang Anda sampaikan terjadi ketidakteraturan siklus menstruasi Anda.

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. 

Rumusnya

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

 

Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). Namun lebih baik sementara ini Anda dan istri tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.

Beberapa penyebab lain dari perdarahan pasca berhubungan seksual adalah :

Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil
Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak
Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual
Vaginitis atropi yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan
Kanker leher rahim
Displasia serviks. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan anak sebelum usia 16 tahun
Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

Mengenai pertanyaan Anda, bila ejakulasi terjadi di luar liang vagina, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. Namun jika terjadi penetrasi ke dalam vagina sangat mungkin terjadi kehamilan

Jika memang telah terjadi ejakulasi di dalam liang vagina dari penis, maka untuk memastikan hamil atau tidaknya diperlukan pemeriksaan dengan test pack atau tes urine beta HCG. Untuk memastikannya, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan Anda dan pasangan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan kondisi yang ada.

Sek yang Sehat
Hubungan seksual di luar nikah bukan hanya dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Hubungan seksual di luar nikah juga bukan hanya tidak baik secara medis, namun juga kerap berdampak pada lingkungan sosial dan pertanggungjawaban agama. Jika demikian usahakanlah menegakan aktivitas seksual yang bertanggung jawab, yakni tidak di luar ikatan pernikahan yang sah.

Kami sarankan agar Anda dan pasangan untuk melakukan kegiatan yang positif dan menghindari tempat yang kurang ramai sehingga dapat mengalihkan pikiran dari kehendak ingin melakukan hubungan intim dan menghindari perbuatan yang akan Anda dan kekasih Anda sesali. Dan kami sarankan Anda mengunjungi dokter kandungan untuk mengetahui penyebab keteraturan siklus menstruasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar