Sukses

Dada Terasa Terhimpit Benda Berat Saat Tidur

10 Jul 2017, 11:26 WIB
Pria, 29 tahun.

dok ! saya sulit membedakan apa sleep paralysis atau serang jantung pasalnya akhir2 ini kalau lagi tidur jantung saya sperti di himpit benda berat dan kayak bunyi thack. saya sering kena sleep paralysis jadi saya ragu apa yg saya alami sleep paralysis atau serangan jantung waktu tidur itu pun kalau lagi tidur kalau gag tidur cuma skali2 jantung berdebar dan berdetak kencang sambil sesak napas mohon pencerahan dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gangguan tidur melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. 

Serangan jantung

Gejala serangan jantung dapat bervariasi, dari derajat yang paling ringan hingga berat. Secara umum, gejala serangan jantung adalah sebagai berikut:

  • Nyeri dada yang bertahan selama beberapa menit (lebih dari 5 menit) atau hilang timbul, keluhan nyeri seperti ditekan atau diremas atau ditusuk. Lokasi nyeri biasanya di kiri atau di tengah dada. Nyeri dada ini sifatnya spesifik, artinya nyeri dengan karakteristik ini hampir selalu timbul pada serangan jantung. Apabila hanya ada satu gejala yang dapat Anda temukan, pastikan keluhan nyeri tersebut ada.
    Rasa nyeri dapat menjalar atau menjadi rasa tidak nyaman atau kesemutan di bahu, lengan atas, punggung, leher atau bahkan rahang bawah.
  • Sulit bernapas atau napas menjadi pendek.
  • Timbul keringat dingin.
  • Mual, lemah tiba-tiba.
  • Pusing atau kepala terasa ringan.
  • Denyut jantung menjadi tidak teratur.

Selain gejala, tentunya dibutuhkan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung. Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti :

Merokok, berapapun jumlahnya
Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
Hipertensi
Kadar kolesterol HDL yang rendah
Diabetes Mellitus
Usia lanjut
Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
Kebiasan kurang bergerak/aktivitas fisik
Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita)

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh penumpukan plak-plak lemak sehingga menyebabkan aliran darah dan nutrisi ke jantung berkurang. Pencegahan penyakit jantung koroner antara lain adalah perubahan gaya hidup yang meliputi:

Olahraga teratur, tidak perlu olahraga intensitas tinggi, oleharaga intensitas sedang 20 menit per hari seperti berjalan dan bersepeda.
Jika Anda meiliki tekanan darah tinggi, kontrol tekanan darah Anda dengan obat yang diberikan dokter, selain itu hindari konsumsi garam berlebih. Konsumsi garam dibatasi 2 sendok teh per hari untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Kontrol gula darah
Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
Hindari konsumsi lemak berlebih seperti goreng-gorengan dan makanan bersantan
Hindari stress
Hindari Merokok

Sleep Paralysis

Sleep paralysis/kelumpuhan saat tidur merupakan keluhan seperti tidur tidak bisa bergerak, sulit membuka suara dan sesak nafas. Dapat disebabkan karena pola tidur yang berubah atau kelelahan fisik maupun psikologis.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan:

Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
Biasakan diri anda untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
Cobalah mengatur pola tidur anda. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk anda tidur. Buat diri anda senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, dsb.
Hindari penggunaan obat tidur tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, anda akan terus mengalami gangguan tidur.
Relaksasi. Buat diri anda serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
Berpikir positif. Jika anda memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menghadapinya.


Kemungkinan Anda mengalami sleep paralysis. Karena serangan jantung umumnya gejala menetap. Pada sleep paralysis juga dapat menyebabkan jantung berderbar karena cemas. Namun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukannya. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh penyebab keluhan anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan penunjang rekam jantung atau echocardiography terlebih dahulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar