Sukses

Pertanyaan Seputar Menambah Nafsu Makan Anak

10 Jul 2017, 10:57 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya punya anak usianya 2tahun 2bulan jenis kelaminnya laki-laki waktu lahir bbnya 2,975kg panjangnya 44cm ,perkembangannya sampai 1 tahun normal bbnya meningkat sesuai usianya tapi setelah 1tahun 6bulan nafsu makannya mulai berkurang sehingga saya lebih banyak memberi susu formula karna susah makan ,saya coba kasih vitamin nafsu makan memang nafsu makannya tambah tapi ketika saya hentikan ya sama saja nafsu makannya turun lagi ,sejak saat itu saya berhentikan mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan karna saya takut ketergantungan ,anak saya tidak pernah terkena penykit yang serius paling hanya pilek batuk biasa karena cuaca ,anak saya konsumsi formula dari usia 8bulan sampai sekarang konsumsi chilkid dr morinaga tapi baru 2hari ini saya coba susu baru enfagrow A+ 3 ,aktifitasnya sama aja masih aktif bermain ,saya mau tanya apa aman memicu nafsu makan anak usia 2tahun 1bulan dgn vitamin/suplemen penambah nafsu makan ? Trimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai nafsu makan anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berapakah usia anak Anda sekarang? Sudah berapa lama Anda memperhatikan terdapat penurunan nafsu makan? Penurunan nafsu makan dapat terjadi akibat berbagai faktor.

Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan di antaranya adalah:

Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, camilan, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak, jangan memaksa anak untuk makan.
Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Kami sangat menyarankan Anda untuk mengajak anak Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan penyebab dari keluhan yang dialami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar