Sukses

Pertanyaan Seputar Penularan HIV

10 Jul 2017, 10:57 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dokter, saya mau bertanya saya baru saja mencoba anal seks dengan transeksual. Saat melakukan aktivitas seksual ini saya menggunakan kondom, dan durasinya sekitar 5 menit namun saya terlanjur mengeluarkan sperma di dalam anus transeksual tersebut. Namun ketika saya lepas kondom masih utuh dan tidak ada kebocoran. Yang saya khawatirkan, saya tidak tahu transeksual tersebut pengidap HIV atau tidak.. namun apakah saya ada potensi tertular HIV dan adakah cara mengetahui/ mencegah dengan kurun waktu yang singkat? Saya mohon bantuan dan jawaban dari dokter.

Terima kasih telah bertanya mengenai penularan HIV menggunakan fitur Tanya Dokter.

Menjawab pertanyaan Anda, penularan HIV umumnya terjadi akibat beberapa hal: hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, penggunaan jarum suntik bergantian, penularan dari ibu ke anak (transmisi vertikal), dan sebagainya. Untuk meminimalisir risiko tertular dari pasangan, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah menghindari kontak langsung antara cairan tubuh (darah, air mani, lendir vagina, dsb.) dan bagian tubuh yang terekspos/luka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kontrasepsi metode barrier saat berhubungan seksual (kondom). Namun, hal ini tidak menghindari risiko penularan secara sepenuhnya. Selain itu, seseorang yang HIV+ namun rutin mengonsumsi pengobatan dan memiliki viral load yang rendah memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menularkan virus tersebut.

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna mendiskusikan berbagai hal yang dapat diterapkan untuk meminimalisir risiko terjadinya penularan secara detail, serta menentukan penanganan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penularan HIV, semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar