Sukses

Perdarahan Saat Berhubungan Seksual

10 Jul 2017, 10:02 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya melahirkan anak kedua dengan proses operasi caesar (anak pertama proses normal) pada tgl 13 mei 2017 dan saya langsung pasang kb iud pada saat yang bersamaan. Lalu pada tgl 22 juni 2017 saya dan suami melakukan hubungan intim karena darah nifas (dirasa) sudah berhenti. Saya sempat merasa sedikit cemas karena takut perut akan terasa sakit saat berhubungan mengingat proses lahiran saya melalui operasi caesar. Namun setelah beberapa lama kemudian muncul bercak2 darah (tidak banyak) dan kadang disertai lendir bercampur darah (tidak banyak jg) selama (mungkin) sekitar dua hari. Lalu pd tgl 26 juni 2017 kami kembali berhubungan dan sama seperti tgl 22 juni yang lalu kembali ada bercak darah. Pada awalnya saat berhubungan (kembali) tidak terasa sakit, namun ketika suami saya akan ejakulasi, saya merasa miss v terasa sedikit panas dan perih. Apakah itu berbahaya? Lalu bercak darah yang keluar itu merupakan sisa nifas atau apa yah dok? Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya mengenai perdarahan saat berhubungan seksual menggunakan fitur Tanya Dokter.

Hubungan seksual dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Apabila Anda mengalami darah keluar saat dekat periode haid, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah kontraksi rahim yang akhirnya menyebabkan darah haid keluar dari rahim. Selain itu, bila penetrasi terjadi saat Anda masih belum penuh terangsang, hal ini dapat menyebabkan gesekan yang menimbulkan luka atau lecet pada vagina sehingga juga dapat menyebabkan darah keluar dari vagina.

Keluar darah dari vagina setelah berhubungan dikenal juga dengan istilah post-coital bleeding. Bila pendarahan terjadi dalam jumlah yang cukup banyak dan terus berlangsung, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan guna dilakukan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis yang tepat dan tata laksana yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perdarahan saat berhubungan seksual, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar