Sukses

Batuk Pada Anak

10 Jul 2017, 08:28 WIB
Wanita, 26 tahun.

ass... dok bagaimana cara mengeluarkan batuk pada anak usia 2 tahun ya... udah ke puskes tpi dahaknya masih ada dok.. mohon infonya. mkasih..

Terima kasih sudah bertanya mengenai batuk pada anak melalui fitur tanya dokter di Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan gejala penyakit yang sering dialami oleh anak-anak yang sering membuat para orang tua khawatir jika terjadi berkepanjangan. Batuk dan pilek pada anak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti infeksi virus, infeksi bakteri dan alergi. Batuk dan pilek yang terjadi pada anak Anda dapat berkaitan ataupun tidak namun besar kemungkinan ada keterkaitan keduanya.

Beberapa penyakit yang dapat dipikirkan yang mungkin berkaitan dengan kondisi anak Anda adalah alergi, infeksi saluran nafas seperti bronchitis dan infeksi paru. Pada kasus alergi, batuk-pilek memang kerap terjadi berulang dan bersamaan apabila anak terpapar oleh bahan-bahan allergen dan sifat keluhan adalah hilang timbul sesuat waktu paparan.  Berbeda dengan alergi dan bronchitis, pada infeksi paru biasanya menimbulkan manifestasi yang beragam mulai dari ringan hingga berat dan keluhan yang timbul biasanya bersifat progresif seperti pada penyakit tuberculosis paru. 

Bronchitis, penyebab batuk tersering, biasanya batuk disertai dengan keluhan demam yang tidak tinggi  namun biasanya gejala berlangsung 5-10 hari dan membaik dalam 10-14 hari. Perlu kesabaran dalam menghadapi kondisi tersebur

Batuk pada anak terutama dibawah 2 tahun tidak perlu pengobatan khusus. Pengobatan sederhana seperti meningkatkan jumlah minum anak, memberikan air hangat, mengoleskan vapo rub di dada, fisioterapi dada sudah cukup membantu meredakan batuk. Bila berlanjur bisa diberikan obat batuk namun dibawah pengawasan dokter terkait perhitungan dosis yang tepat.

Demikian informasi seputar menangani batuk pada anak, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar