Sukses

Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

10 Jul 2017, 02:32 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya ingin bertanya soal penyempitan pembuluh darah di jantung , ayah saya yang sedang mengalami kondisi tersebut , ayah saya berusia 57 tahun , awalnya ayah saya merasa tidak enak dibagian dada, dan beberapa hari kemudian ayah saya merasakan nyeri di bagian dada , lalu akhirnya pergi ke dokter , dan melakukan pemeriksaan , dan hasil lab menunjukan kalau ayah saya adanya penyempitan pembuluh darah di jantung , dan setelah pemeriksaan selanjutnya , dokter memberikan resep obat : 1. ome prazole (20mg, capsul) untuk lambung 2. aspilets (80mg, tablet) untuk pengencer darah (pagi)\ 3. isosorbid dinitrate (5mg, tablet) untuk jantung ; mengapa obat jantung yang ditaruh dibawah lidah ini kalau diminum saat dada tidak terasa apa" membuat debar jantung, Tetapi obat ini bagus jika diminum saat dada terasa mengganjal , d9itaruh dibawah lidah 5 menit kemudian langsung tidak terasa apa" lagi. 4. clopidogrel (75mg, tablet) untuk pengencer darah (malam) 5. simvastatin (10mg, tablet) untuk kolestrol ; kalau minum obat ini bangun tidur tangan kanan - kiri terasa kesemutan, mengapa ? , apa harus distop minum obat ini ? Semua obat diminum secara teratur sesuai petunjuk dari apotik. Tetapi kalai obat ini diminum semua , lambung terasa perih. Ayah saya (pasien) ada darah tinggi tetapi tidak diberikan olbat darah tinggi 150/90. Apa boleh diambil tindakan sndiri ?, takut resiko stroke. Riwayat alergi ayah saya ada "eksim" gatal di kaki. Lalu makanan apa saja yang harus ayah saya pantang? Dokter menyarankan untuk katerisasi pemasangan ring di jantung , apakah ada cara lain , selain melakukan pemasangan ring di jantung ?. Terima Kasih.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Semua obat yang diberikan dokter bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah jantung.

Bila ada keluhan mengenai efek samping obat atau ada keinginan untuk menghentikannya, kami tidak menyarakan Anda untuk menghentikannya dengan inisiatif sendiri. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengenai kateterisasi jantung, tidak semua kasus penyempitan pembuluh darah harus dilakukan  tindakan tersebut. tergantung pada jumlah dan luas pembuluh darah yang menyempit. Namun secara umum, bila ada penyempitan pembuluh darah jantung, umumnya terapinya berupa obat, kateterisasi dan pemasangan ring (PCI), atau operasi coronary artery bypass (CABG).

Demikian,semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar