Sukses

Penanganan Wasir

10 Jul 2017, 01:12 WIB
Pria, 19 tahun.

Saya sering BAB trs keluar darah. Saya sudah berobat ke puskesmas 3 bulan yang lalu. Katanya saya ambeien tingkat 1. Apa yang harus saya lakukan. Tadi saya BAB keluar darah juga

Terima kasih telah bertanya mengenai operasi wasir melalui fitur Tanya Dokter.

Halo,

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai oleh adanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum, biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
Grade I : wasir tidak keluar dari rektum
Grade II : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
Grade III : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
Grade IV : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Jika sudah derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi.

Berbagai macam operasi wasir dapat dibaca pada artikel kami http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696257/serba-serbi-operasi-wasir.

Kami mengerti ketakutan anda akan operasi. Ada baiknya anda mendiskusikan kemungkinan operasi dengan dokter yang menangani, silahkan utarakan ketakutan anda pula sehingga dapat dibahas dengan tuntas.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan tentang operasi wasir. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar