Sukses

Timbul Bentol Dan Gatal Pada Tubuh Dan Kelamin

09 Jul 2017, 21:21 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya AZIZ dari surabaya Mau tanya. Gak tau alergi gak tau knapa, berapa hari ini badan bentol" dan gatel tapi tidak semua badan sih, ada beberapa di kaki dan pinggang, tapi yg paling gatal justru bagian vital, di bagian kepalanya dan bawah telur, bentol" dan memerah gatal, sudah beberapa hari, dan sudah beli salep, malah bertambah bentol"nya, kira" gimana solusinya ya dok??

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah gatal-gatal dan bengkak/bentol cepat timbul, menghilang perlahan, berwarna pucat, kemerahan, dan meninggi di permukaan kulit ? Apabila iya kemungkinan yang Anda alami adalah urtikaria atau biduran. Biduran dapat dicetuskan oleh berbagai penyebab, antara lain:

Obat : penisilin, sulfonamid, hormon, dll

Makanan : telur, ikan, kacang, udang, coklat, keju, tomat, arbei, babi, keju, bawang,dan semangka. Bahan yang dicampur dengan ragi, asam benzoat, asam nitrat

Gigitan serangga

Serbuk sari bunga, spora jamur, debu, bulu binatang

Kutu binatang,serbuk tekstil, air liur binatang, kosmetik

Faktor panas, faktor dingin, radiasi, faktor tekaanan seperti pakaian ketat, emosi

Infeksi

Genetik

Penyakit lain seperti limfoma, hipertiroid, radang sendi

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan obat minum golongan antihistamin seperti CTM, loratadin, dan cetirizine ketika gejala muncul. Selain itu menghindari pencetus yang telah disebutkan di atas penting sebagai usaha pencegahan menghindari pencetus. Kondisi ini dapat memberat apabila disertai dengan pembengkakan di dalam saluran pernapasan yang menyebabkan gangguan pernapasan yang dapat membahayakan nyawa.

Untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan penyebab biduran, perlu dilakukan tes alergi yang disebut juga skin prick test.  Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin. Selain itu, pada kelainan kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar