Sukses

Mudah Lelah

09 Jul 2017, 21:21 WIB
Wanita, 16 tahun.

Malam dok, saya mau bertanya .saya masih duduk bangku sma dan pekerjaan yang saya lakukan masih belum berat tapi saya sering mengalami capek yang berlebihan sehingga disekolah dan sering tidur dengan waktu yang tidak terkontrol ,tulang belakang juga merasa letih ,wajah saya juga sering pucat .kejadian ini mulai dari smp tapi terkadang saya cek tekanan darah tetap normal .nah, saya takut ini gejala awal penyakit anemia atau kanker darah ,benar gak ya dok? Terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bagaimana dengan waktu istirahat Anda ? Apakah cukup ?

Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan.

Untuk saat ini Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).Bila setelah anda mencoba tips-tips tersebut tetapi keluhan dirasa menetap maka tidak ada salahnya anda memeriksakan diri ke dokter.

Anda dapat melakukan pemeriksaan laboratorium darah lengkap sebagai langkah awal untuk mengetahui anemia Anda, dan konsultasikan hasil tersebut ke dokter Anda.

Anemia atau kurang darah merupakan keadaan dimana jumlah Hemoglobin (Hb) yaitu komponen yang membawa oksigen dalam darah berkurang, ditandai dengan keluhan berupa cepat lelah, sering pusing, lemas, detak jantung cepat, sesak, pucat, dan lainnya. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal dapat disebabkan oleh berkurangnya asupan gizi yang baik maupun akibat perdarahan atau kelainan genetik.

Penanganan anemia bergantung dari jenis, penyebab dan keparahan anemia. Penanganan mencakup perubahan diet, pemberian suplemen, pengobatan hingga tindakan seperti operasi.

Anemia yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia adalah anemia akibat kekurangan zat besi dan vitamin B yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Tanpa zat besi yang cukup tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat. Pengobatan anemia akibat kekurangan zat besi dapat ditangani dengan mengonsumsi makanan dan suplemen kaya zat besi. Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, daging merah, kuning telur, hati ayam dan kacang-kacangan. Anda dapat mengonsumsinya dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar