Sukses

Pembesaran Kelenjar Ketiak

09 Jul 2017, 23:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok istri saya dngan identitas di atas. di dekat ketiak ada sesuatu yg menggerinjal kcil, itu tanda kangker bukan dok.

Terimakasih telah bertanya seputar Benjolan Getah Bening menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Terdapat tiga kemungkinan penyebab benjolan pada ketiak yang perlu disingkirkan:

Jaringan payudara aksesoris yang terdapat pada 2 - 6% perempuan dan tidak memiliki fungsi khusus namun dapat membesar pada awal pubertas, kehamilan, atau saat menyusui.
Keganasan payudara
Lipom yaitu tumor jaringan lemak jinak yang dapat menyebabkan nyeri bila menekan saraf di bawahnya.
Pembesaran Kelenjar Getah Bening (KGB)
Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Melihat penjelasan Anda tentang riwayat penyakit Anda, ada kemunginan benjolan ini merupakan pembesaran KGB. Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil dari pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Dapat juga benjolan Anda tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Namun hal ini memerlukan pemeriksaan langsung.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat mengetahui kondisi benjolan yang Anda keluhkan. Tindakan selanjutnya maupun penanganan yang tepat akan diberikan setelah diketahui diagnosisnya.

0 Komentar

Belum ada komentar