Sukses

Efek Varikokel Terhadap Keturunan

09 Jul 2017, 19:22 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok saya mau nanya? Saya dulu penah kena varicocele pembengkakkan pada buah zakar. Sehingga pada buah zakar saya mengecil satu dok. Kalo bekerja/beraktivitas berlebihan terkadang sering nyeri dok. Apa kah saya masih bisa mempunyai keturunan atau anak dok.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar). Umumnya varikokel mengenai skrotum yang sebelah kiri karena bentuk anatomisnya. Namun sekitar 40% mengalaminya bilateral (kedua skrotum). Dapat terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing. Efek yang ditimbulkan terhadap kemandulan masih banyak teorinya.

 Varikokel memang akan mengecil setelah operasi dilakukan, yang pasti lebih kecil dari sebelum operasi. Sebenarnya tujuan utama operasi varikokel ini adalah untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas dari sperma yang anda miliki. Dalam waktu 4-6 bulan sesudah operasi sebaiknya dilakukan follow-up untuk menganalisis kualitas dan kuantitas sperma, dibandingkan dengan sebelumnya. Penelitian tentang varikokel yang diterbitkan oleh Jurnal Urologi Indonesia menghasilkan suatu kesimpulan dimana 6 bulan setelah operasi terdapat perbaikan signifikan volume testis kiri dan konsentrasi spermatozoa.

Kesuburan dari sperma setelah operasi varikokel tidak dapat dilihat dengan mata telanjang namun harus dilakukan pemeriksaan motilitas dan morfologi sperma di laboratorium. Pengobatan varikokel selain operasi dapat dilakukan embolisasi varikokel dengan memasukkan kateter atau selang kecil ke pembuluh darah vena di bawah bimbingan x-ray. Cincin metal akan diletakkan di pembuluh darah vena spermatika sinistra (kiri) untuk menghambat aliran darah ke vena di bawahnya.

Sudah berapa lama setelah Anda menjalani operasi? Berkonsultasilah kembali ke dokter bedah anda guna mengevaluasi kondisi pasca operasi tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar