Sukses

Flek dan Nyeri Menjelang Haid

09 Jul 2017, 20:01 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, apakah flek pada wanita itu bagus untuk kesehatan? Dan jika sebelum haid kita merasakan sakit pada rahim, apa itu sehat?

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar flek dan nyeri menjelang haid melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Flek yang bukan bagian dari menstruasi adalah tidak normal, semua jeniis flek tidaklah normal. flek tidak normal tidak berarti sedang terjadi hal yang buruk pada kesehatan hal ini mungkin saja terjadinya perubahan hormon, terjadinya ovulasi, ataupun jenis perdarahan uterus abnormal pada umumnya yang 90%nya bukan dikarenakan penyakit (tidak ada bukti kelainan) walaupun 10% diantaranya memungkinkan adanya infeksi, tumor, atau penyakit sistemik lainnya.

berbeda halnya dengan flek, nyeri menjelang haid yang ringan adalah kondisi yang normal yang dapat terjadi. nyeri yang terjadi ketika menjelang dan hari hari awal haid. nyeri haid atau dysmenorrhea ini dibagi menjadi 2 yaitu primer dan sekunder. jenis nyeri haid normal adalah dysmenorrhea primer sedangkan dysmenorrhea sekunder bila terdapat kondisi medis seperti endometriosis gejala nyeri haid yang dialami lebih berat dan sering berlangsung lebih lama.

Demikian kami sampaikan informasi seputar flek dan nyeri menjelang, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar