Sukses

Pertumbuhan Payudara Tertingal

09 Jul 2017, 21:20 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok umur saya sudah 16tahun , tapi kenapa ya pertumbuhan payudara saya tidak secepat orang lain dan masih kecil?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya mengenai pertumbuhan payudara melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Pertumbuhan payudara secara umum dibagi menjadi dua yaitu pada saat masa pubertas dan masa kehamilan.

Pada masa pubertas, kerja hormon sangat mempengaruhi pertumbuhan payudara yaitu estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini berfungsi sebagai merangsang dan menyempurnakan pembentukan kelenjar susu serta keseluruhan bagian di payudara. Pada masa ini kelenjar susu akan akan dipersiapkan untuk nantinya akan berkembang sempurna dan dapat berfungsi pada saat kehamilan. Areola (bagian hitam mengelilingi puting) dan puting juga akan bertambah ukuran serta bentuknya.

Pada masa kehamilan, payudara akan menjadi besar dikarenakan kelenjar susu akan memproduksi ASI untuk anak yang baru lahir. ASI sangat penting untuk bayi karena mengandung berbagai zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Pertumbuhan payudara tergantung pada beberapa faktor diantaranya genetika, status gizi dan hormon. Payudara akan mulai tumbuh sejak usia 8 tahun atau pada usia akhir 13 tahun. Beberapa mungkin mengalami pertumbuhan payudara yang lambat, sementara lainnya mengalami pertumbuhan yang cepat.

Setiap anak perempuan akan mengalami pertumbuhan payudara pada usia yang berbeda dan tingkat yang berbeda. Seorang gadis mungkin telah memiliki payudara yang besar di usia 12, sedangkan yang lain masih memiliki payudara yang belum berkembang pada usia tersebut.

Perkembangan masa pubertas yang tercakup di dalamnya adalah pertumbuhan rambut pubis dan payudara digambarkan melalui stadium Tanner. Pada usia 16 tahun seharusnya payudara sudah berkembang seperti layaknya wanita dewasa. Puting sudah menonjol dengan dikelilingi oleh lingkaran hitam dengan granul-granul yang disebut dengan papilla mammae. Payudara yang berisikan jaringan lemak dan kelenjar sudah menonjol. Selain itu status gizi juga sangat berpengaruh terhadap ukuran payudara Anda, jika Anda terlalu kurus maka tentu saja ukuran payudara akan mengikuti ukuran tubuh Anda, begitu sebaliknya.

Secara umum, pertumbuhan payudara akan berhenti antara usia 17-21 tahun. Namun, ukuran dan bentuk payudara tidak pernah berhenti berkembang sepanjang hidup, dan itu juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti kehamilan, menyusui, kenaikan dan penurunan berat badan, dan menopause.

Beberapa tips untuk membesarkan payudara dapat dilakukan dengan cara:

1. Berolah Raga dengan berolah raga maka melatih otot dada Anda, dan dapat membuat payudara semakin kencang.

2. Konsumsi makanan yang bergizi, Secara Anatomis Payudara terdiri dari kelenjar air susu, Otot, dan Lemak. Oleh karena itu nutrisi yang cukup akan membantu Anda memiliki payudara yang berisi.

3. Gunakan ukuran Bra yang sesuai. Dengan menggunakan Bra yang tepat maka sirkulasi Anda akan menjadi lancar. Penggunaan Bra yang kebesaran akan membuat posturnya jatuh kebawah dan mengurangi keindahan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar