Sukses

Sering BAK

09 Jul 2017, 08:02 WIB
Pria, 24 tahun.

dok saya mau tanya. kenapa kalo tidur saya kadang masing ngompol ya. setiap ngompol pasti di sertai mimpi kencing. dan kenapa kantong kemih saya kayaknya cepet banget produksi urine. jd kalo dingin sbntr sering buang air kecil

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya mengenai sering buang air kecil menggunakan fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Berapakah usia Anda sekarang? Apakah ada keluhan lain yang Anda alami selain sering buang air kecil dan nyeri saat buang air kecil? Apakah Anda merasa lebih sering minum air?

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Bila Anda merasa keluhan ini berlangsung terus-menerus, kami menyarankan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat bagi Anda. 

Keluhan buang air kecil yang sering tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal:

Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit. Pada pria, infeksi saluran kemih ini seringkali disebabkan karena infeksi menular seksual.

Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.

Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau urangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengontrol diuresis (kencing). Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih

Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih).
Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.

Bila Anda sudah memeriksakan diri dan tidak ditemukan gangguan, maka sebetulnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Faktor psikologis juga dapat mempengaruhi rasa ingin berkemih, misalnya saat Anda sedang cemas berlebihan atau panik, maka akan cenderung lebih sering buang air kecil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sering buang air kecil, semoga bermanfaat. Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar