Sukses

Mata Juling Karena Saraf Putus

09 Jul 2017, 10:40 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya apakah saraf mata yang putus bisa disembuhkan/dioperasi? 6 tahun lalu saat mau dirawat inap karena tifus saya menjalani rontgen paru-paru, saat dirontgen mata saya agak sedikit terbuka dan setelah rontgen seperti ada titik hitam pada mata kiri. Besok harinya titik hitam itu melebar jadi setengah dari mata kiri saya, saat diperiksa dokter mata di RS tersebut dinyatakan saraf mata saya putus dan menurut dokter itu tidak mungkin disebabkan oleh sinar saat rontgen. Saat ini mata kiri saya jadi seperti juling. Dan sepupu saya dari pihak ibu juga ada yang mengalami saraf mata putus seperti saya. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar mata juling karena saraf putus melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Mata juling atau strabismus adalah kelainan pada otot mata sehingga mengakibatkan kelainan posisi bola mata. Pada anak yang terlahir dengan mata juling dapat disebabkan adanya tumor ataupun gangguan pada saraf pengatur otot mata sedangkan pada dewasa dapat disebabkan trauma, penyakit tiroid, ataupun gangguan saraf.

Gejala yang dialami bila mengalami mata juling diantaranya;

- pengelihatan ganda

- pengelihatan kabur

- sakit kepala

- kelelahan 

Pengobatan yang dilakukan untuk mata juling dibagi menjadi dua yaitu non bedah dan bedah. pengobatan non-bedah yaitu dengan ortoptik dan latihan oto mata. ortoptik dan terapi penglihatan. sedangkan terapi bedah untuk memperbaiki otot mata (tidak memperbaiki pengelihatan)

Mata juling ini bila dibiarkan akan sangat mengganggu dan menurunkan fungsi mata oleh karena itu konsultasikan kondisi mata Anda pada dokter spesialis mata untuk hasil optimal

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar