Sukses

Bila Batuk Pilek Disertai Sesak Nafas

09 Jul 2017, 07:24 WIB
Pria, 57 tahun.

Doker. Saya tiba2 sesak napas ada batuk disertai pilek dan berkeringat. Apa penyebabnya dokter dan apa obatnya? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan Anda yaitu batuk pilek disertai sesak nafas kerap disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus penyebab flu (common cold) umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam 1 minggu. Keluhan lain yang menyertai bisa berupa demam, nyeri sendi dan rasa lemas.

Bagaimana sesak nafas yang Anda rasakan? Sesak nafas yang sesungguhnya adalah bila frekuensi nafas lebih dari 20x/menit. 

Untuk mengatasi batuk pilek, Anda dapat menggunakan obat flu dan batuk yang dapat dibeli secara bebas di apotik. Anda dapat pula menggunakan bahan-bahan alami seperti jahe, madu, kencur, dan echinacea untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda dapat pula mengonsumsi suplemen yang mengandung Zinc dan Vitamin C 1000 mg untuk mempercepat penyembuhan.

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

  1. Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar untuk agar nafas lebih lega dan rileks.
  2. Saat tidur, ganjal kepala agar lebih tinggi dari dada dan lebih mudah bernafas sewaktu batuk melanda.
  3. Bila Anda terbangun karena batuk, minumlah air hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Bila keluhan semakin parah setelah 3 hari, sebaiknya kunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar batuk pilek. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar