Sukses

Nyeri Lutut Setelah Bulutangkis

09 Jul 2017, 06:20 WIB
Pria, 45 tahun.

Pada waktu olahraga bulutangkis, lutut saya terasa nyeri, kata teman saya terlalu banyak berhubungan intim. Memang sehari sebelum latihan, saya habis jimak dg istri sampai 3 x. Apa benar dan ada hubungannya antara lutut nyeri dg terlalu banyak berjimak dg istri

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami luruskan terlebih dulu mitos yang kerap berkembang terkait gangguan lutut dan hubungan intim. Frekuensi hubungan intim dan nyeri lutut tidak ada hubungannya.

Nyeri pada lutut bisa berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri.

Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera. Pengobatan tergantung dari penyebab yang mendasarinya, biasanya anda akan diberikan obat anti radang baik yang non steroid ataupun yang steroid. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B complex dan juga kondroitin.

Untuk menguragi nyeri dapat dilakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu:

  • P: Protection (memberikan perlindungan pada bagian lutut)
  • R: Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat lutut nyeri)
  • I: Ice (mengkompres lutut dengan es bila terasa nyeri)
  • C: Compress (membalut lutut yang terasa nyeri)
  • E: Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)

Bila rasa nyeri sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Bila nyeri tak juga hilang, periksakan diri ke dokter. Mungkin Anda juga memerlukan rontgen lutut dan pemeriksaan lain untuk diketahui penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri lutut. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar