Sukses

Keluar Cairan Bening dari Luka Jahitan

09 Jul 2017, 05:57 WIB
Pria, 47 tahun.

Dok, tiga hari yg lalu saya jatuh naik ojek, trus ibu jari kaki luka, oleh dokter kmudian luka d jarit 3 dan kuku d cabut. Setelah 3 har balutan d buka dibersihkan dng betadine dan sekqrang hanya ditutup pke smacam hansaplast..nah yg sy tanyakan dari luka sekarang keluar cairan agak bening cmpur darah sedikit..dan kalau kering jadi agak mengkilap..cairan aoa itu dok dan kapqn cairan trsbut akan berhenti keluar?...terima kasih sebelumnya dok

Terimakasih telah bertanya tentang cairan bening pada luka jahitan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Cairan bening yang keluar dari luka jahitan merupakan cairan serum yang keluar pada luka yang menyembuh. Selama tidak berbau, bernanah, darah tidak semakin bertambah dan menimbulkan nyeri, ini tidak masalah.

Yang penting jaga kebersihan luka, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang.

Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cairan bening pada luka jahitan. Semoga bermanfaat. (FA)

1 Komentar

  • Evi Ibune Gendhis

    dok...3 hari yang lalu kening bagian atas anak saya seperti bentol digigit nyamuk,memerah...tapi gak hilang2...kalo dipegang sakit dan sering digosok2,,pagi2,bentolan itu jadi kayak luka kering,tp masih bentol,setelah saya bersihkan lukanya dengan kapas,malah kluar cairan putih bening..wajarkah?