Sukses

Telinga Terasa Penuh dan Pilek

08 Jul 2017, 22:46 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dokter, saya ingin bertanya... Saya merasakan telinga saya seperti tertutup, padahal saya tidak merasa kemampuan pendengaran saya terganggu. Dan saya tidak habis berpergian ke tempat tinggi seperti gunung maupun menggunakan pesawat. Saya sering bersin dan ingusan di waktu pagi hari, apakah ada hubungannya ya? Saya sudah ke dokter dan dia mendapati bahwa tidak ada apa-apa di dalam telinga saya. Hanya mungkin ada penyumbatan di saluran yang menghubungkan telinga dengan hidung. Dan saya diberikan obat-obat Iliadin, Vectrine, dan Medrol. Bagaimana penfapat dokter? Apa yang harus saya lakukan? Dan saya juga ingin bertanya, bagaimana penggunaan Iliadin yang benar ya dok? Harus sambil dalam posisi tidurankah? Dan seberapa banyak?

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar telinga terasa penuh dan pilek melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Gangguan telinga terasa penuh biasanya diakibatkan perubahan tekanan yang terjadi pada telinga. tekanan telinga selalu diupayakan sama dengan adanya saluran yang menghubungkan telinga dengan hidung. bila terdapat gangguan pada hidung seperti pilek maka saluran telinga dan hidung juga akan terganggu dan menyebabkan perubahan tekanan.

apabila gangguan pilek tidak ditangani kondisi dalam telinga tengah akan menjadi tidak kondusif dan membuat bakteri dapat berkembang dan menyebabkan infeksi. oleh karena itu, pilek perlu segera ditangani. dalam kasus Anda, obat yang diberikan sesuai untuk pilek dan peradangan (jika anda juga mengalami peradangan). ikuti petunjuk dokter untuk menangani gangguan yang anda alami.

cara penggunaan nasal spay iliadin :

hembuskan napas sebelum menggunakan nasal spray

tegakkan kepala

tutup salah satu lubang hidung

semprotkan nasal spray pada lubang hidung yang tidak ditutup

ulangi untuk lubang hidung lainnya

setelah selesai bersihkan ujung nasal spray dengan air hangan dan keringkan dengan tissue kering

selain obat obatan cara efektif menangani pilek adalah dengan istirahat cukup, minum cukup air 2 - 3 L/hari, dan diet seimbang.

Apabila gejala yang Anda alami belum membaik segera hubungi dokter Anda

Demikian kami sampaikan informasi seputar telinga terasa penuh dan pilek, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar