Sukses

Nyeri Ulu Hati, Apakah itu Penyakit Serius?

08 Jul 2017, 19:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya wanita 20tahun. Saya memiliki penyakit maag sejak umur 14 tahun, penyakit tersebut hanya kambuh disaat tertentu dan selama ini dapat diatasi dengan obat antasida. Namun sekitar seminggu yang lalu beberapa hari saya makan tidak teratur dan 2 hari kemudia saya tiba-tiba demam hingga 39 derajat, badan lemas, nyeri diseluruh bagian tubuh, pusing, mual, gejala tersebut mirip seperti gejala tipes yang saya alami sebelumnya hanya saja yang saya takutkan adalah saat saya BAB dan feses berwarna hitam pekat, saya minum obat herbal untuk tipes dan demam hanya sampai 2 hari saja. Namun setelah demam saya turun, tbtb uluhati saya terasa sangat sakit untuk bernafas, batuk, dan menunduk, terkadang juga sakitnya menjalar hingga ke punggung belakang.Dan sakit tersebut terus terasa sepanjang hari dok. Apakah itu sesuatu yang serius? Terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri ulu hati melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa hal yang masih perlu kami tanyakan terkait keluhan Anda adalah Apakah ada demam dan penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu dekat ini? Apa pemicu nyeri ulu hati Anda? Apakah nyeri ulu hati dipengaruhi makanan? Adakah rasa panas atau terbakar di dada, mual, hingga muntah?

Terdapat beberapa kemungkinan terkait keluhan Anda. Sejauh ini berdasarkan data yang Anda berikan, yang Anda alami mungkin merupakan suatu gejala dispepsia. Dispepsia atau yang sering dikenal dengan mag adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasanya terus-menurus.

Di bawah ini beberapa gejala yang sering menyertai saat ulu hati:

1. Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)

2. Rasa penuh di perut bagian atas

3. Kembung

4. Rasa panas di daerah dada

5. Mual

6. Muntah

7. Sering bersendawa

Obat-obatan biasanya dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotik dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung.

Apabila nyeri ulu hati Anda semakin bertambah, disertai gejala mual dan muntah, penurunan berat badan, muntah atau BAB disertai darah, maka kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter karena kemungkinan ada hal serius yang harus diwaspadai. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar