Sukses

Penanganan Osteoarthritis

08 Jul 2017, 22:40 WIB
Pria, 51 tahun.

Selamat sore dok. Izin bertanya dok. Kemarin saya habis rontgen di rmh sakit. Hasil rontgen nya seperti ini dok. Kesan : OA Lumbalis dengan spondylolistesis L5-S1 grade I Penyempitan foramina intervertebralis L3-4, L4-5, L5-S1. Dengan dokter spesialis saraf dirujuk ke dokter Sp.KFR utk terapi. Namun setelah 20x terapi tidak ada perubahan dan di kembalikan lagi ke dokter spesialis saraf. Saya sdh meminum obat sesuai indikasi dokter saraf dan dokter Sp. KFR tersebut namun hingga kini blm ada kesembuhan. Kira-kira solusi / jln keluarnya nya gmn ya dok? Mohon penjelasannya dok. Sebelumdan sesudahnya saya ucapkan Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, Anda belum menyebutkan keluhan yang Anda alami, apakah keluhan yang Anda alami? Apakah etrdapat rasa nyeri pada pinggang atau kaki? Ijikan kami menjelaskan sedikit mengenai OA atau Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peradangan sendi dan tulang akibat proses pengapuran tulang.

Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. Timbul juga nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan kepada obat dan orang lain, bahkan depresi.

Keluhan ini biasanya disebabkan cedera, bekerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga berat. Biasanya, keluhan ini lebih banyak melanda perempuan, terutama pada masa menopause di mana tulang-tulang mulai rapuh dan berat badan yang berlebih. Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara tergantung pada tingkat kerusakannya. Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas.

Pada tingkat menengah dan berat, dokter dapat melakukan beberapa tindakan mulai dari memberikan obat anti inflamasi, suntik dengkul hingga tindakan operasi.

Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi.

Penyuntikan (injeksi) kortikosteroid pada sendi dapat mengurangi nyeri untuk sementara, namun injeksi ini tidak boleh sering diulang karena merupakan dapat menyebabkan destruksi tulang.

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksanan non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas.

Perubahan pola makan dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan berat badan dan memperberat OA yang terjadi. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang serta perbanyak buah dan sayur.

Sudah berapa lama Anda mengalami hal ini? Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam atau bedah tulang untuk menilai kondisi Anda saat ini dan penanganan yang optimal. Kami tidak menyarankan Anda untuk diurut dan pergi ke dukun urut karena alih-alih ingin cepat sembuh bisa saja malah merusak struktur tulang. Bila ingin melakukan fisioterapi Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter rehabilitasi medik sehingga tindakan dilakukan di bawah pengawasan orang yang berkompetensi.

Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang berjudul

Osteoartritis

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar