Sukses

Anjuran Diet Penyakit Gula dan Asam Urat

08 Jul 2017, 21:37 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, nenek saya kena penyakit gula, darah rendah dan asam urat. Apa ya yang sebaiknya dikonsumsi oleh nenek saya ? Agar kondisinya normal. Terimakasih.

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar anjuran diet penyakit gula dan asam urat melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

penyakit gula atau dikenal dengan diabetes mellitus adalah penyakit tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan gangguan sekresi insulin dan penurunan sensitivitas insulin sel. akibatnya karbohidrat dan makanan yang mengandung tinggi glukosa tidak dapat disimpan dalam sel akibatnya orang dengan DM akan mengalami rasa lemas tidak bertenaga, mudah haus, mudah lapar, dan sering buang air kecil gejala tersebut dikenal juga dengan gejala khas DM.

Diet yang dianjurkan pada orang DM adalah makan sedikit sedikit sering dengan pola konsumsi sumber glukosa kompleks contoh yang direkomendasikan kementerian kesehatan adalah :

- 6 kali porsi makan

- 3 kali makan besar dengan pilihan karbohidrat (nasi boleh diganti dengan beras merah yang lebih tinggi serat) kombinasi dengan protein yang tidak digoreng (rebus, pepes atau mentah) 

- selalu makan buah pada tiap kesempatan makan

- snek tiga kali dapat diselingi antara buah dengan kreker gandum

- tidak mengonsumsi gula murni

Untuk penyakit asam urat adalah penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan nyeri tidak tertahankan pada pembengkakan di sendi kecil. apabila belum timbul gejala konsumsi obat penurun asam serta diet mengurangi sayuran hijau kombinasikan dengan syuran berwarna serta kurangi konsumsi produk kacang-kacangan. namun jika sudah muncul gejala nyeri akut yang lebih dahulu ditangani.

Tetap selalu kontrol kondisi ke dokter spesialis penyakit dalam karena obat obatan tetap harus dikonsumsi beriringan dengan diet yang dilakukan agar tidak terjadi perburukan gejala hingga komplikasi.

Demikian kami sampaikan informasi seputar , semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar