Sukses

Bersin Setiap Hari, Normalkah?

08 Jul 2017, 19:49 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi dok Dok, saya mau bertanya, setiap hari saya selalu bersin dok, hampir selalu setiap pagi, siang, sore dan malam. Frekuensi sekali bersin bisa 2-5 kali setiap bersin, dan hidung saya biasanya jadi pilek sesudah itu dan pileknya bisa sembuh beberapa menit - jam kemudian. Dan saya jugak sensitif sama debu, kalo kena debu bisa bersin bersin terus. Apakah bersin saya itu normal ya dok ? Karena saya sering bersin sendiri padahal nggak ada debu atau bau bauan yg tajam. Terimakasih dok

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya tentang rinitis alergi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Dari yang Anda ceritakan, sepertinya Anda mengalami yang disebut dengan Rinitis Alergi.

Penyebab rinitis alergi adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit anak dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi.

Gejala dan tanda rinitis alergi:

-Rasa gatal di hidung dan mata
-Bersin berulang-ulang
-Cairan hidung (ingus) encer
-Hidung tersumbat
-Bernapas melalui mulut
-Hidung tersumbat dapat terjadi secara bilateral, unilateral atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, serta gejala sinusitis. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan.

Pengobatan untuk rinitis alergi tergantung seberapa parah gejala Anda, dan seberapa banyak kondisi ini mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Pada sebagian besar kasus, pengobatan ditujukan untuk meringankan gejala seperti bersin-bersin dan hidung yang tersumbat dan ingusan.

Penanganan di rumah

-Hindari alergen/pencetus sebisa mungkin
-Gunakan obat-obat bebas seperti antihistamin yang kurang menyebabkan kantuk (loratadine, cetirizine, mebhydroline) bila Anda bekerja. -Dapat juga dikombinasikan dengan obat-obat dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung tidak berhasil diatasi oleh obat lain.
-Membersihkan lubang hidung dengan larutan garam. Larutan garam bisa dibuat sendiri atau membelinya di apotik. Untuk membuat sendiri, campur 1 sdt garam dan 1/2 sdt baking powder ke dalam 500 mL air matang.

Untuk membersihkan hidung Anda, lakukan langkah-langkah berikut:

-Berdirilah di depan wastafel, tangkupkan satu telapak tangan Anda dan tuangkan sedikit larutan ke dalamnya
-Hirup larutan tersebut ke dalam 1 lubang hidung dalam 1 waktu (gunakan tangan yang satu untuk menutup lubang hidup sebelahnya)
-Ulangi ini hingga hidung Anda terasa nyaman
-Sebagian larutan akan mengalir ke tenggorokan melalui belakang hidung. Larutan ini sebenarnya aman bila ditelan, tetapi sebaiknya diludahkan.
-Pembersihan hidung ini dapat dilakukan sesering mungkin bila perlu, namun harus selalu menggunakan larutan yang baru dibuat
-Mengenai anjuran makanan, tidak ada yang khusus. Sebisa mungkin, hindari makanan yang menyebabkan alergi (bila ada).

Apabila gejala sangat mengganggu dan dengan langkah-langkah di atas tidak ada perbaikan, konsultasikan dengan dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rinitis alergi. Semoga bermanfaat. 

Salam,
Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar