Sukses

HIV dan Anal Seks

08 Jul 2017, 16:39 WIB
Pria, 30 tahun.

saya mau tanya dok... 1. apakah HIV bisa muncul dengan sendirinya pada seseorang yg memiliki pasangan Tidak HIV?? 2. apakah prilaku beresiko seperti anal seks dengan orang yg tidak HIV bisa meciptakan HIV pada yg melakukan anal seks tsbt??

Terima kasih sudah bertanya seputar HIV dan Anal Sex melalui fitur tanya dokter

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sel darah putih tertentu sehingga mengakibatkan buruknya sistem imun seseorang. Virus ini ditularkan dari manusia ke manusia melalui cairan tubuh seperti darah, cairan main, cairan vagina, cairan rektum (bagian usus) dekat anus, ludah, dll. Perlu Anda ketahui bahwa virus HIV tidak sama dengan virus penyebab flu. Virus HIV tidak bertebaran di udara. Tidak mungkin seseorang terkena virus HIV tanpa berkontak dengan cairan tubuh orang lain yang menderita HIV. Apabila Anda dan pasangan kerap atau pernah melakukan hubungan seksual maka ada baiknya Anda dan pasangan Anda memeriksakan diri.

Ketika melakukan anal seks, pria akan memasukkan alat kelaminnya ke dalam lubang anus pasangannya. Tentunya keadaan ini tidak higienis sama sekali karena lubang anus merupakan tempat keluarnya kotoran. Dari perilaku anal seks ini dapat timbul berbagai macam penyakit, bahkan anal seks dianggap sebagai perilaku seks yang paling berisiko. Lubang anus tidak menghasilkan lubrikan seperti vagina, sehingga selain hanya akan merasakan nyeri sepanjang penetrasi di dubur, penetrasi ke dalam anus juga dapat menyebabkan luka pada anus.
Luka tersebut memungkinkan pertukaran cairan tubuh.
 Tentunya bila virus HIV sudah ada di dalam tubuh maka akan terjadi penularan. Apabila keduanya tidak mengidap HIV maka mustahil ada penularan. 

Dengan demikian perilaku anal seks menjadi rentan terkena penyakit menular seperti HIV– AIDS, hepatitis, HPV dan lain-lain.


Demikian informasi terkait HIV dan Anal Seks, Semoga bermanfaat

Salam

1 Komentar

  • Fajar Fay Fae Assifiyanto

    Ludah Juga media penularan virus HIV..?? Bukanny sangat kecil y untuk ludah..?? Justru yg lebih besar kemungkinan Penularanny ASI dari Ibu yg positive HIV malah tidak d mention.. *Cmiiw