Sukses

Obat Magh Aman Untuk Kehamilan

08 Jul 2017, 14:29 WIB
Pria, 31 tahun.

Ass dok... Istri saya lagi hamil 4 Minggu.. sedangkan beliau punya penyakit maag.. kira2 solusinya gmn y dok

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar obat magh aman untuk kehamilan melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

magh dikenal dalam istilah masyarakat sebagai nyeri yang timbul akibat asam lambung. gangguan ini adalah gangguan yang sangat sering dialami terutama bila diet yang dilakukan tinggi lemak, asam, pedas yang dapat mengiritasi lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. apalagi ketika hamil saat tekanan pada lambung meningkat karena perubahan kondisi tubuh ibu hamil.

beberapa cara mengatasinya tanpa obat :

- atur pola makan sedikit sedikit sering

- berbaring 45 derajat setalah makan

- hindari pencetus sakit magh seperti terlambat makan, pedas, asam, dan berlemak

- konsumsi vitamin B 

apabila tidak membaik satnya untuk menggunakan obat obatan. ketika hamil tidak semua obat yang biasa digunakan ketika tidak hamil dapat digunakan berikut obat untuk asam lambung yang dapat digunakan.

- obat netralisir asam lambung yang aman adalah yang mengandung calcium carbonate atau magnesium hidroxida namun di Indonesia agak sulit mendapatkan satu kandungan obat obatan tersebut. biasanya paling banyak kombinasi dengan alumunium hydroxida yang sebaiknya dihindari namun bila sakit magh sudah sangat mengganggu boleh mengonsumsi kombimasi magnesium dan alumunium asal tidak digunakan dalam jangka watu lama (kurang dari 2 minggu)

- Obat ranitidine untuk mengatasi nyeri lambung temasuk dalam kategori B yaitu uji pada hewan aman namun belum diuji pada wanita hamil

apabila Anda khawatir dan kondisi magh Anda sengat mengganggu Anda boleh berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan minum obat.

Demikian kami sampaikan informasi seputar obat magh aman untuk kehamilan, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar