Sukses

Banyak Benojolan Dalam Tubuh

08 Jul 2017, 14:29 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya saya akhir akhir ini baru menyadari banyak benjolan ditubuh saya seperti dipayudara kanan saya ada benjolan sebiji kelereng dan teksturnya keras, dan bisa berjalan, selangkahngan kanan saya kecil sebiji kurma dia diam ditempat seperti menyatu dgn kulit. Lalu dibawah dagu pas bawah gigi geraham sebelah kanan bisa jalan dan bila ditekan sakit, bawah geraham kiri lebih didalam dan juga bila ditekan sakit. Mohon tanggapannya dok trimakasi

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar banyak benjolan dalam tubuh melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

benjolan/tumor pada tubuh anda dapat merupakan tumor jinak ataupun ganas. cara membedakan tumor jinak dan ganas :

tumor jinak biasanya berkembang lambat, teraba lunak, dapat digerakan, d=tidak disertai gejala sistemik.

tumor ganas biasanya memiliki pertumbuhan agresif, teraba keras, tidak memiliki batas, tidak dapat digerakkan disertai gejala sistemik seperti penurunan berat badan, demam, penurunan nafsu makan, mual dan luka pada permukaan kulit.

penyebab benjolan dapat berupa :

- perbesaran kelenjar pada infeksi lokal misal infeksi gigi atau tenggorokan kelenjag getah bening rahang bawah biasanya ikut membesar, ataupun infeksi dari kelenjar, dapat pula tanda keganasan kelenjar (biasanya timbul di berbagai kelenjar getah bening >1) atau akibat penyebab yang belum diketahui idiopatik. 

- berisi cairan, kista sifatnya jinak dapat digerakan bisa tersusun atas beberapa buah kista, dapat menghilang dengan sendirinya dengan diet seimbang atau perubahan hormon

- jaringan lemak, biasanya terletak lebih keluar dekat dengan permukaan kulit tetidak teraba keras behitu pula dengan ganglion saraf (biasanya bila diangkat dapat tumbuh kembali)

- infeksi paling sering pada infeksi TB

- Sel kanker memilki ciri ciri tumor ganas

untuk mengetahuinya perlu pemeriksaan untuk memastikan karakter benjolan bila diperlukan akan dilakukan USG atau pengambilan jaringan dari benjolan melalui biopsi hingga CT Scan atau MRI.

oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi anda ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Demikian kami sampaikan informasi seputar banyak benjolan dalam tubuh, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar