Sukses

Bulimia

08 Jul 2017, 14:03 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya punya satu penyakit dimana saya selalu muntahin makanan saya kalau habis makan. itu sering terjadi. dan belakangan ini perut saya kurang enak. kira2 itu ngefek ke mana ya dok? dan bahaya gak kalau sering muntahin makanan?

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara definisi, muntah adalah sebuah dorongan untuk mengeluarkan isi perut melalui mulut, terkadang hidung. Muntah dapat disebabkan oleh beberapa keadaan:

  • gastritis (maag)
  • keracunan
  • peningkatan tekanan dalam kepala, misal akibat tumor otak
  • efek samping obat infeksi virus
  • faktor psikologis, seperti bulimia
  • dsb.

Muntah sendiri dapat berakibat buruk kepada saluran pencernaan Anda dan gigi Anda, karena asam lambung yang naik ke atas dapat merusak jaringan-jaringan tersebut. Anda harus cari tahu apakah ini adalah masalah psikologis atau memang Anda selalu mual dan ingin muntah jika makan.

Diagnosa suatu penyakit membutuhkan data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). Selain itu muntah dapat disebabkan oleh banyak sebab oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mencari tahu penyebab dari muntah-muntah sehingga Anda mendapatkan penanganan sesuai dengan kondisi Anda

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar