Sukses

Pitak Kepala Muncul Tiba-Tiba

08 Jul 2017, 10:56 WIB
Wanita, 50 tahun.

Saya mempunyai anak laki laki usia 19 thn. Baru baru ini saya lihat ada pitak sebesar uang logam di kepala bagian atas. Padahal sebelum sebelumnya tdk ada pitak. Dan anak saya tdk merasakan ada gatal atau apapun dikepala anak saya. Kira kira penyebabnya apa yaa?? apakah depresi atau stress. Dan apalah pitaknya bs bertambah besar ??

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar pitak kepala muncul tiba-tiba melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Pitak tiba tiba atau Pacthy baldness paling sering adalah alopesia areata. kondisi ini adalah kondisi autoimun atau serangan dari sistem kekebalan tubuh. sistem kekebalan tubuh menganggap sel tubuh benda asing sehingga menyerang diri sendiri. pada kasus ini yang diserang adalah folikel rambut. 

Untuk mendiagnosis alopesia areata biasanya bagian dari rambut akan diteliti di bawah mikroskop, beberapa pemeriksaan juga dilakukan seperti biopsi kulit kepala untuk melihat kemungkinan lainnya seperti jamur kepala atau tinea kapitis. pemeriksaan darah juga dilakukan untuk melihat respon autoimun.

Obat obatan yang diberikan biasanya berguna untuk mencegah kepitakan berlanjut serta membantu kembali menumbuhkan rambut. pengobatan yang diberikan haruslah dengan saran dokter yaitu dengan stimulasi pertumbuhan rambut, pemberian anti radang untuk menekan imun,cream anti radang, dan juga kombinasi radiasi obat minum dan sinar UV.

beberapa terapi lainnya diantaranya:

1. aromaterapi

2. akupuntur

3. suplemen herbal

4. vitamin

 

Bagaimanapun sebaiknya Anda konsultasikan kondisi Anda pada dokter spesailis kulit dan kelamin atau dokter penyakit dalam. 

Demikian kami sampaikan informasi seputar pitak kepala muncul tiba-tiba, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar